Paintball Tanks – CO2 Vs HPA

Oke, jadi Anda membeli senapan paintball pertama Anda. Sekarang apa? Agar Anda dapat menggunakan spidol paintball baru Anda, Anda akan membutuhkan beberapa item lain: kacamata keselamatan yang disetujui, paintballs, dan tangki. Di sinilah banyak pemain baru bingung dan mungkin membuat keputusan yang salah. Tangki paintball mana yang harus saya beli dan mana yang terbaik untuk marker paintball saya?

Secara umum, ada tiga sumber daya utama untuk senapan paintball:

1) kartrid CO2 (sekali pakai)

2) tangki CO2 (dapat digunakan kembali)

3) tangki HPA (dapat digunakan kembali)

Pertama, mari kita membahas beberapa "istilah" yang mungkin perlu Anda ketahui ….

CO2 – gas karbon dioksida

HPA – udara bertekanan tinggi (udara tekan atau nitrogen terkompresi)

psi – tekanan diukur dalam pound per inci persegi

ci atau cu – cubic inch ketika mengacu pada ukuran tangki dan volume yang dapat dipegangnya

oz – ounce, digunakan untuk menunjukkan ukuran tangki paintball dan berat yang dapat mereka pegang (9oz, 12oz, 20oz, dll …)

Setiap jenis memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri, biaya yang berbeda, dan aplikasi. Di sini kami akan mencoba menjelaskan perbedaan utama dan menawarkan beberapa wawasan tentang mana yang terbaik bagi Anda.

Cartridge CO2 Sekali Pakai (12 gram):

Sangat sedikit senjata paintball menggunakan kartrid 12 gram yang lebih kecil, namun, mereka masih ditemukan pada beberapa model. Biasanya kartrid 12 gram adalah desain sekali pakai dan kartrid dibuang ketika gas habis. Kebanyakan kartrid 12g menawarkan pengguna hanya 16-30 tembakan, tergantung pada jenis senapan paintball, sebelum mereka kosong. Ada berbagai ukuran kartrid sekali pakai selain versi 12g, tetapi ukurannya kurang umum dan mungkin lebih sulit ditemukan.

Penggunaan cartridge sekali pakai mungkin memerlukan adaptor khusus untuk ditambahkan ke pistol paintball Anda karena banyak dari mereka tidak hanya "sekrup" langsung ke penanda seperti jenis tank lainnya. Keuntungan dari kartrid CO2 sekali pakai adalah ukurannya yang kecil dan bobotnya yang ringan. Mereka juga sangat mudah dibawa. Kerugiannya adalah jumlah tembakan per penggunaan yang rendah dan fakta bahwa mereka tidak dapat diisi ulang dan harus dibuang ketika digunakan. Dalam jangka panjang mereka juga tidak efektif biaya jika dibandingkan dengan jenis tank paintball lainnya.

CO2 Tank (9oz, 12oz, 20oz, dll …):

Tangki CO2 adalah bentuk paling umum dari memasok gas ke senapan paintball Anda. CO2 juga merupakan salah satu bentuk gas yang paling murah dan paling tersedia. Tangki CO2 datang dalam beberapa ukuran yang berbeda seperti 7oz, 9oz, 12oz, 16oz, 20oz, dan 24oz. Tiga ukuran paling umum adalah tangki 9oz, 12oz, dan 20oz. Sebagai aturan umum, tangki 9oz akan menghasilkan sekitar 500-600 tembakan. Tangki 12oz akan menghasilkan sekitar 700-800 tembakan, dan tangki 20oz akan menawarkan sekitar 1.000-1200 tembakan.

Keuntungan untuk tangki CO2 adalah fakta yang dapat diisi ulang di sebagian besar toko dan ladang paintball dan biayanya biasanya antara $ 4,00 hingga $ 7,00 untuk pengisian. Ketika tangki Anda habis Anda hanya membawanya ke toko paintball dan mendapatkannya diisi ulang. Waktu pengisian ulang kurang dari 1 menit.

Kerugian dari tangki CO2 adalah bahwa cairan di dalam tangki dapat mempengaruhi kinerja senapan paintball Anda dengan cara yang negatif. Jika tangki menjadi terlalu panas, gas dapat keluar melalui katup blow-out yang meninggalkan Anda dengan tangki kosong apa pun. Jika tangki terlalu dingin, tekanan di bagian dalam dapat turun dan memberi Anda kinerja di bawah standar atau bahkan membekukan komponen internal senapan Anda. Cara terbaik untuk menjaga tangki CO2 Anda di sekitar suhu kamar – tidak lebih dari sekitar 75 derajat f. Tekanan keluaran CO2 biasanya sekitar 800psi tetapi dapat bervariasi di bawah kondisi yang berbeda dan dengan demikian tidak setiap tembakan akan sama. Beberapa tembakan dengan CO2 dapat menjadi "lebih panas" (kecepatan lebih tinggi) sementara tembakan berikutnya mungkin lebih lambat (kecepatan lebih rendah). Ini bisa disebabkan oleh perubahan tekanan di tangki karena suhu. Seperti yang kita semua tahu, gas mengembang ketika dipanaskan dan mengembun ketika didinginkan.

Penting untuk dicatat bahwa tidak semua senjata paintball dapat menggunakan CO2 sebagai sumber listrik. Beberapa penanda kelas turnamen yang lebih baru, lebih tinggi, tidak dapat menggunakan CO2 dan membutuhkan HPA untuk operasi yang tepat. Penggunaan CO2 dalam jenis senjata paintball dapat merusak komponen internal dan dapat membatalkan garansi senjata. Selalu konsultasikan manual pemilik Anda atau situs web pabrikan untuk informasi yang benar.

Sebagai aturan umum, CO2 adalah sumber gas paling umum untuk senapan paintball dan sebagian besar dapat menggunakan CO2 atau HPA. Sebagai contoh, sebagian besar senjata Tippmann (seperti 98, A5, dan X7) serta sebagian besar senjata Kingman (seperti seri Spyder) dapat menggunakan CO2 dan / atau HPA keduanya. Tangki CO2 dapat berkisar dari $ 15 hingga $ 35 tetapi setelah Anda membelinya – Anda memilikinya dan dapat mengisi ulang sebanyak yang Anda butuhkan. Tekanan output pada kebanyakan tangki CO2 sekitar 800psi.

HPA Tanks (3000-4500psi):

HPA adalah singkatan dari High Pressure Air. Ini adalah sumber daya terbaru dan terbaik untuk kebanyakan senjata paintball yang dilengkapi untuk menggunakan jenis udara ini. Seperti halnya CO2 dan gas lainnya selalu berkonsultasi dengan manual pemilik Anda untuk penggunaan yang tepat dari senapan paintball Anda. HPA pada dasarnya adalah udara terkompresi. Ya, udara. Sama seperti udara yang Anda hirup setiap hari. Juga, HPA bisa berarti Nitrogen. Ketika tangki paintball tekanan tinggi pertama kali diperkenalkan dan bahkan hari ini, banyak yang diisi dengan Nitrogen terkompresi. Meskipun sumber gas yang disarankan dalam tangki HPA adalah udara tekan, nitrogen terkompresi akan bekerja dalam banyak kasus.

Tangki HPA menawarkan sumber udara yang lebih bersih dengan tekanan yang jauh lebih tinggi. Udara HPA tidak terpengaruh oleh suhu sebanyak tangki CO2. Udara HPA jauh lebih konsisten dan akan memberikan sedikit perubahan dari tembakan ke bidikan. Hampir setiap tembakan melalui senapan paintball Anda dengan udara terkompresi akan sama. HPA umumnya digunakan dalam banyak senjata paintball gaya turnamen seperti Invert Mini, DP G3, seri Dye DM, Angels, AutoMags, AutoCocker, dan yang juga. HPA juga dapat digunakan di banyak jenis senjata lainnya, seperti: kebanyakan Tippmann dan sebagian besar senjata Kingman. Sekali lagi, silakan berkonsultasi dengan manual pemilik Anda untuk kebutuhan spesifik senapan paintball spesifik Anda.

Satu catatan penting tentang HPA – senapan paintball yang berbeda memerlukan jumlah tekanan yang berbeda untuk beroperasi dengan baik dan tangki HPA yang berbeda dapat menghasilkan tekanan di dalam secara berbeda. Biasanya ada tangki HPA output tinggi dan tangki HPA output rendah. Tangki output tinggi sekitar 800-850psi, sedangkan tangki output rendah dapat berkisar dari 200-450psi. Beberapa penanda paintball memerlukan 800psi penuh untuk beroperasi dengan benar, sementara senjata lainnya hanya membutuhkan 200-300psi untuk beroperasi. Sekali lagi, periksa pistol Anda untuk melihat apa yang direkomendasikan. Jika senjata Anda membutuhkan 800psi untuk beroperasi dan Anda memiliki tangki HPA output rendah maka … senapan Anda tidak akan menyala! Tangki HPA juga tersedia dalam berbagai ukuran. Ada tangki 3000psi dan tangki 4500psi. Nilai psi (psi = jumlah tekanan dalam pound per inci persegi) dari tangki tidak menunjukkan tekanan output tetapi hanya jumlah tekanan yang dapat ditahan tangki. Dalam setiap penilaian tekanan bisa ada banyak ukuran tank yang berbeda (45ci, 62ci, 68ci, 72ci, dll …). Rating ini menentukan jumlah gas, atau volume, tangki HPA dapat menahan. Semakin tinggi volumenya, semakin banyak shot per tangki yang akan Anda dapatkan. Seperti halnya dengan tangki CO2, tangki HPA dapat diisi ulang di banyak toko dan ladang paintball, namun HPA tidak umum seperti CO2 dan mungkin atau mungkin tidak tersedia di semua area.

Biaya untuk mengisi tangki HPA Anda dapat berkisar dari $ 3,00 hingga $ 10.00 tergantung pada toko, namun, peralatan yang dibutuhkan untuk mengisi tangki HPA sangat mahal dan banyak toko paintball yang lebih kecil tidak memiliki peralatan – jadi sebelum Anda membeli tangki HPA buat beberapa panggilan telepon dan lihat apakah Anda dapat mengisi tangki HPA di daerah Anda. Tangki HPA dapat berkisar dari $ 65 hingga $ 259 dan dapat dibuat dari aluminium, serat karbon, fiberglass, dan / atau material komposit lainnya. Jika toko lokal Anda tidak dapat mengisi tangki HPA Anda maka Anda mungkin bisa mendapatkan tangki SCUBA di toko selam dan mengisi tangki HPA Anda langsung dari tangki SCUBA. Metode ini biasanya hanya akan menawarkan sejumlah terbatas pengisian dan hanya menyediakan 3000psi, namun, jika itu adalah satu-satunya pilihan Anda maka lakukan penelitian. Biaya tangki SCUBA adalah sekitar $ 200 dan Anda juga harus membeli stasiun pengisian khusus untuk mentransfer udara dari tangki SCUBA ke tangki HPA Anda. Stasiun pengisian ini berkisar sekitar $ 50 – $ 75

Semua tangki paintball harus disetujui dan diuji sesering mungkin demi keselamatan. Kebanyakan tangki memerlukan uji keamanan (tes hidro) setiap 3 hingga 5 tahun. Jika tangki paintball Anda baru maka Anda tidak perlu khawatir tentang uji keamanan untuk beberapa waktu, tetapi jika tangki Anda berumur beberapa tahun maka sebaiknya memeriksanya dengan profesional sebelum digunakan. Keselamatan pertama!

Kesimpulannya, tidak ada cara untuk mengatakan bahwa satu tangki lebih baik dari yang lain, namun, senapan Anda mungkin memerlukan satu jenis dan bukan yang lain. Dalam banyak kasus, HPA adalah sumber tenaga yang besar untuk sebagian besar senjata paintball jika tersedia di wilayah Anda. HPA biasanya lebih dapat diandalkan dan akan menawarkan operasi yang lebih bersih – pastikan senjata paintball Anda dapat menggunakannya dan periksa tekanan output yang dibutuhkan oleh senapan Anda untuk memastikan Anda mendapatkan tangki yang tepat. Jika HPA tidak tersedia atau jika senapan paintball Anda tidak dapat menggunakan HPA maka tank CO2 adalah pilihan terbaik berikutnya. Tidak hanya mereka yang paling umum, mereka juga jauh lebih murah dan lebih mudah untuk diisi di toko paintball lokal Anda atau lapangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *